Keajaiban Ilmiah Buah Anggur

Masih ingatkah anda dengan kisah Umar bin Khattab yang mensedekahkan kebun anggurnya karena terlena sesaat dari sholat berjama’ah? Hati saya bertanya, mengapa sahabat sekelas Umar memiliki banyak ladang anggur? Lalu Alquran pun mengabadikan dengan sangat baik sekali tentang buah anggur .

Di sisi yang lain para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa buah Anggur ini mampu menyelamatkan nyawa manusia. Apa benar demikian? Apa itu keistimewaannya sehingga para sahabat bersemangat memelihara ladang anggur? Mari kita simak berikut ini…

Sebelum kita bedah apa keajaiban ilmiah buah anggur ini, mari kita simak apa sabda Allah SWT dalam Alqur’an :

“Berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki. Kami jadikan bagi seseorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.” (Al-Kahfi 18 : 32)

”Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (Al Baqarah : 266)

”Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (An-Nahl : 11)

Dan masih banyak ayat lain yang menyinggung buah anggur di dalamnya. Pertanyaannya…ada apa dengan buah anggur?

Apa yang istimewa dari buah ini sampai Alqur’an bolak-balik menyebutnya dalam beberapa ayat? Adakah sebuah mukjizat Alquran yang terkandung dari pesan ini?

Menurut penelitian Wayne R. Leifert, Ph.D., dan Mahinda Y. Abeywardena, Ph.D., (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation di Adelaide, Australia ) yang diterbitkan November 2008 lewat jurnal Nutrition Research.

Dengan mengkonsumsi anggur yang kaya dengan senyawa kimia bernama Polifenol (khususnya anggur merah), akan mengurangi & mencegah perkembangan penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskular. Dengan kata lain, mencegah serangan jantung.

Bagaimana caranya?

Wayne menjelaskan, bahwa anggur memiliki banyak cara untuk mengatasi gangguan jantung. Perlu diketahui, Polifenol termasuk antioksidan alami. Berbagai macam jenis & cara kerja Polifenol ini beragam, tergantung dimana benih anggur ini ditanam. Karena bergantung pada kondisi dimana anggur ini hidup tentu saja kandungan Polifenol pun beragam. Kandungannya macam-macam lho, ada resveratrol, asam fenolat, antosianin & flavonoid.

Efek yang ditimbulkan antioksidan adalah memperlambat & mencegah kerusakan sel yang disebabkan oksidasi. Nah lho?? Oksidasi apaan lagi tuh?

Saya jadi teringat pipa air yang ada di rumah. Karena air di rumah saya kandungan besinya sangat banyak maka harus disaring. Saringannya pun banyak pula! Tetapi setelah beberapa bulan biasanya aliran air suka melambat. Selidik punya selidik, ternyata endapan besi menumpuk di sepanjang pipa. Nah, inilah yang harus dibersihkan…dan terus terang ini susah!

Nah, coba bayangkan kalau pipa tadi itu adalah pembuluh darah anda…kira-kira apa masih semangat makan goreng-gorengan?🙂 Membayangkannya saja sudah bikin saya agak merinding.

Nah, lantas apa itu antioksidan? Antioksidan bertugas memperlambat proses pengendapan ini. Selain itu, polifenol juga mengurangi pengentalan darah (kalau sudah kena darah kental, pembuluh darah bisa tersumbat, akibatnya suplai oksigen ke organ tubuh terganggu), detak jantung abnormal & penyempitan pembuluh darah.

Masih belum percaya juga?

Beberapa penelitian terhadap pasien-pasien di rumah sakit yang diberi terapi ekstrak anggur menunjukkan perkembangan yang positif dari sisi aliran darah & tingkat kolesterol.

Ok, tunggu apa lagi? Jangan sampai menunggu serangan jantung menimpa anda. Segeralah mengkonsumsi buah Anggur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s