Mengatasi Rasa Jenuh Yang Berkepanjangan di Dalam Hidup

Seringkali kita merasa jenuh, lelah, capek, dan bahkan bosan dengan hal-hal yang terus menerus. Bahkan yang terburuknya, kalau kita merasa bosan, kita menjadi lupa akan tujuan hidup kita dan kita merasa acuh akan diri kita.

Mungkin di dalam hidup, kita memang seringkali merasa ada yang kurang. Ya kurang inilah, ya kurang itulah, dan lain-lain. Tetapi yang harus diketahui, jangan sampai rasa kekurangan kita itu membuat kita menjadi jenuh akan hidup kita. Jujur saja, mungkin Anda bingung dengan pernyataan saya yang menyatakan bahwa dengan tidak puas Anda akan merasa jenuh. Tetapi hal tersebut memang adalah suatu kenyataan.

Sebenarnya rasa tidak puas tersebut, akan membuat Anda lelah di dalam hidup dan pada akhirnya akan merasa jenuh. Dengan kejenuhan yang terus-menerus menggerogoti Anda, maka ketika Anda tidak menyadarinya, Anda akan mulai marah-marah karena tidak terima akan keberadaan Anda, lalu Anda pada akhirnya akan merasa lelah sendiri, dan Anda bisa jadi melupakan tujuan hidup Anda dan akhirnya menjadi tidak perduli akan diri Anda karena perasaan bosan yang tidak Anda obati atau cari solusinya.

Nah, sekarang saya akan memberitahu Anda cara untuk mengatasi rasa jenuh di dalam hidup Anda. Caranya sebenarnya tidak sulit, hanya diperlukan kemauan saja untuk melakukannya. Caranya adalah ambillah selembar kertas, lalu tuliskan tujuan hidup Anda di baris pertama. Setelah itu tuliskan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk mencapai tujuan hidup Anda di baris berikutnya. Setelah itu, tuliskan hal apa yang selama ini membuat Anda lelah dan bosan ketika Anda sedang berusaha untuk mencapai tujuan hidup Anda. Dan yang terakhir, tuliskan apa manfaat dari tujuan hidup yang ingin Anda capai, baik manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Setelah itu, renungkanlah baik-baik. Jika tujuan hidup Anda benar-benar mendatangkan manfaat, coba bayangkan betapa sia-sia hidup Anda jika tujuan utama Anda harus terhenti dan terlupakan karena rasa bosan yang berkepanjangan dan hati yang terus menggerutu karena kebosanan dalam diri. Dan pikirkanlah, akan mendapatkan apa kita dari gerutu kita? Tetapi jika Anda mulai berpikir positif ketika Anda merasa bosan dan hati serasa mau menggerutu, Anda akan mulai menata diri Anda dan melupakan perasaan bosan dan lelah dalam diri Anda.

Cara lainnya adalah dengan mencari hobi yang mendatangkan manfaat. Contohnya jika Anda pandai memahat, mengukir, dan sebagainya, Anda akan tahu bagaimana memanfaatkan waktu Anda ketika Anda merasa bosan. Dan keuntungannya, talenta Anda akan semakin berkembang, dan yang lebih baik lagi, Anda akan memiliki lebih dari satu keahlian dan tahu mengalokasi waktu Anda untuk semua kegiatan yang efektif.

Selain, itu, dengan Anda mau melihat keadaan orang yang dibawah Anda dengan pergi ke panti asuhan, tempat kumuh, dan lain-lain, Anda akan merasa bahwa waktu dan kegiatan yang Anda lakukan sangatlah berharga, karena Anda menjadi tahu, bahwa ketika Anda mempunyai masa depan, hal itu adalah anugerah. Dan sudah sepantasnyalah kita mensyukuri anugerah berupa masa depan yang diberikan untuk kita, dan tidak membiarkan rasa bosan yang berkepanjangan menggerogoti kebahagiaan kita dan membuat kita tidak mensyukuri anugerah yang Tuhan berikan kepada kita.

Semoga bermanfaat…

6 pemikiran pada “Mengatasi Rasa Jenuh Yang Berkepanjangan di Dalam Hidup

    1. Berarti Jiwa itu masih kosong… Itu perlu perawatan. Jika perlu keterangan lebih jauh lagi, nanti dijelaskan… Terima kasih atas komentarnya..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s